Rambut adalah mahkota bagi wanita. Banyak yang menyebutkan demikian. Namun memang benar adanya, bahwa merawat kecantikan tubuh pasti tidak terlepas dari yang namanya merawat kesehatan rambut kita. Rambut yang terawat dengan baik, akan nampak lebih bervolume, tebal, tidak mudah patah dan mudah diatur. Namun sebaliknya, jika kita tidak merawat rambut dengan baik, maka hasilnya rambut akan terlihat kusam, kusut, dan bahkan lepek atau kering.

Merawat kesehatan rambut memang berbeda tergantung dari jenis rambut kita sendiri. Ada orang dengan jenis rambut kering, rambut berminyak, atau ada juga yang sudah terlanjur memiliki problem dengan rambut rusak. Biasanya kasus yang terakhir ini diakibatkan karena perlakuan pada rambut seperti kebiasaan mencatok setiap hari, mewarnai rambut, atau sering terkena hairspray dan sebagainya.

Mengatasi Rambut Tidak Sehat

Namun jika Anda sudah mengalami masalah-masalah rambut seperti itu, tidak perlu khawatir. Karena Anda tetap bisa mengembalikan kesehatan rambut Anda asalkan dirawat dengan cara yang tepat. Tidak harus ke salon dengan biaya yang mahal, atau melakukan treatment khusus. Anda cukup melakukan perawatan rambut sendiri di rumah dengan cara yang sederhana. Contohnya seperti berikut ini :

  1. Rutin mencuci rambut. Salah satu kunci menjaga kesehatan rambut adalah dengan mencuci rambut secara rutin. Mencuci rambut secara rutin disini bukan berarti Anda harus mencuci rambut setiap hari. Melainkan cukup 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Karena mencuci rambut terlalu sering juga tidak bagus. Karena bisa mengurangi kandungan minyak alami pada rambut yang membuat rambut malah menjadi kering.
  2. Menyisir rambut dengan cara yang tepat. Langkah selanjutnya untuk menjaga kesehatan rambut Anda adalah dengan menyisir rambut dengan cara yang tepat. Misalnya tidak menyisir rambut dalam keadaan basah. Karena ini bisa membuat rambut Anda rontok. Selain itu menyisir rambut dari ujung bawah terlebih dahulu, baru naik ke rambut bagian atas.
  3. Memberi vitamin rambut. Anda bisa menambahkan vitamin rambut untuk perawatan tambahan cukup seminggu sekali. Anda bisa memakai vitamin rambut alami seperti lidah buaya atau minyak zaitun.

Related posts: