Tumpeng merupakan sebuah penyajian makanan dengan bentuk kerucut, biasanya di dalam tumpeng ini ada beberapa lauk pauk dan sering dikaitkan dengan ayam ater ater Jojga. Ater-ater adalah sebuah tradisi yang telah dilakukan oleh banyak orang sejak zaman dahulu dengan memberikan sebuah makanan. Baik memberikannya dalam bentuk tumpeng, berbentuk kotak makan atau nasi dus, maupun beberapa cara lainnya.

Nasi Tumpeng Ater Ater Jogja

Untuk penyajian nasi tumpeng ini memang ada beberapa cara dengan bentuk yang sama yaitu kerucut. Untuk nasi yang digunakan dalam acara ini biasanya dari nasi kuning maupun menggunakan nasi uduk dengan dikelilingi lauk pauk seperti contohnya adalah ayam goreng. Di beberapa daerah, seperti di Jawa dan Sunda, biasanya pemberian nasi tumpeng atau ater-ater makanan ini dilakukan karena adanya sebuah acara tertentu.

Namun, di beberapa daerah maupun di kota-kota besar seperti Jogja, acara pemberian tumpeng ini dilakukan sebagai sebuah hal yang biasa. Untuk sejarah dan asal usul tumpeng sebenarnya ada cukup banyak simpang siur yang menyebutkan bahwa mengapa bentuk nasi seperti kerucut. Ada yang menyebutkan bahwa bentuknya menyerupai gunung, namun ada banyak juga yang mengartikan arti dari nasi tumpeng ini.

Tradisi Syukuran Tumpeng di Jogja

Biasanya nasi tumpeng ini pun dikaitkan dengan adanya ayam ater ater Jojga, ater-ater ini memang diadopsi dari adanya tradisi yang sering dilakukan di Jawa. Tujuan dari pemberian ater-ater ini untuk mengucap rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa dengan cara berbagi makanan kepada saudara-saudara, teman, maupun tetangga atau yang lainnya.

Biasanya dalam kenduri atau syukuran, memang tidak ada anjuran untuk pemotongan tumpeng paling atas atau pucuk tumpeng untuk diberikan kepada salah seorang. Namun, pemotongan tumpeng ini hanya menjadi sebuah simbol dan meminta doa kepada seseorang yang akan diberikan ater-ater. Bahkan di Jogja, acara tumpeng ini juga dikenal dengan nama tumpengan dan dilakukan sebelum tanggal 17 Agustus. Sudah banyak jasa ayam ater ater Jojga yang siap untuk membantu perayaan tumpengan Anda.

Related posts: