Jumlah glukosa atau gula yang terkandung dalam darah manusia disebut konsentrasi gula darah. Tingkat gula darah yang tidak terkendali dapat berakibat berbagai komplikasi penyakit. Maka dari itu, para ahli kesehatan menyarankan agar orang selalu memantau kadar gula darah mereka dan melakukan berbagai hal untuk mengendalikannya agar kadar gula darah selalu berada pada taraf normal. Beruntung, ada beberapa minuman sederhana yang mudah dijumpai dan dibuat untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Minuman Sederhana Penurun Kadar Gula Darah

Yang pertama adalah air kelapa. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dalam air kelapa bisa menstabilkan kadar gula darah. Buah ini juga mengandung lebih sedikit gula dibandingkan buah lain. Minuman lainnya yaitu cokelat panas. Minuman ini juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, cokelat murni tanpa gula meningkatkan metabolisme glukosa yang dapat menurunkan kadar gula darah. Terdapat 611 miligram senyawa majemuk asam folat dan 564 miligram flavonoid epicatechin dalam secangkir cokelat panas. Antioksidan ini bermanfaat untuk pengobatan diabetes. Selain itu, kandungan flavonoid dalam cokelat panas juga membantu tubuh mengolah nitrogen monoksida yang bisa memperbaiki aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Agar cokelat panas terasa lebih manis tanpa harus meningkatkan kadar gulanya, Anda dapat menambahkan susu almond.

Selain cokelat panas dan air kelapa, teh hitam juga merupakan salah satu minuman yang bisa menurunkan kadar gula darah. Menurut sebuah penelitian di Tiongkok, teh hitam mampu mengurangi daya serap glukosa ke dalam darah dalam tubuh. Teh hitam yang diekstraksi dari daun Camellia sinesis mengandung banyak polisakarida, yaitu molekul karbohidrat polimerik yang terdiri dari monosakarida dan terikat oleh glikosida yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah juga. Temuan ini juga didukung oleh penelitian Jerman bahwa dengan mengkonsumsi 3 sampai 4 cangkir teh hitam sehari dapat mengurangi risiko diabetes sebanyak 16 persen. Teh lain yang membantu menurunkan kadar gula darah adalah teh chamomile. Penelitian dari University of Toyama dan Aberystwyth University mengklaim bahwa senyawa kimia organik dalam teh chamomile dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengendalikan jumlah insulin dalam darah.

Related posts: