Perkembangan pariwisata di Indonesia yang semakin bagus dan terkoordinasi dengan baik, juga meningkatkan bisnis jasa tour, khususnya di Jogja. Penyedia jasa tour saat ini sangat mudah ditemukan, terlebih di kota dengan ikon pariwisata yang populer. Paket wisata Jogja murah juga sangat dicari oleh para calon wisatawan yang ingin berlibur ke Kota Gudeg ini. terlebih, Jogja memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik. Selain itu, Jogja juga merupakan Kota Budaya yang memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh kota lain. Setiap orang yang pernah berkunjung ke sana, pasti ingin berkunjung ke sana lagi.

Pesona Jogja, Si Kota Budaya

Selain terkenal akan destinasi wisatanya yang beragam, semua orang mengakui bahwa Jogja merupakan Kota Budaya yang masih menjalankan tradisi-tradisi nenek moyang. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuk pemerintahan Jogja yang sampai saat ini masih berbentuk Keraton. Di samping itu, setiap tahunnya Jogja selalu mengadakan upacara-upacara kebudayaan yang sangat unik sehingga menarik banyak perhatian wisatawan. Tak mengherankan jika banyak paket wisata Jogja murah menjelang upacara kebudayaan tersebut dilakukan. Berikut beberapa upacara kebudayaan yang diadakan setiap tahun di Jogja.

  1. Upacara Ngurap Enceh

Upacara Ngurap Enceh merupakan upacara yang dilakukan dengan tujuan membuang sifat jahat, iri, dengki yang nantinya akan membuat hati kembali bersih. Upacara ini dilakukan setahun sekali di bulan Sura pada hari Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon. Ritual yang satu ini dilakukan dengan membersihkan gentong yang ada di makam para raja yang pernah berkuasa di tanah Jawa.

  1. Grebek Mauludan

Tradisi tahunan yang satu ini dilaksanakan pada 12 Rabiul Awal, tepat saat hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. tradisi ini memang bertujuan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Besar umat Islam. Upacara yang satu ini dilakukan dengan membuat gunungan besar yang terbuat dari berbagai bahan makanan seperti buah, sayur, dan beras ketan.

Dipuncak acara, gunungan ini akan diperebutkan oleh masyarakat sebagai simbol kesejahteraan. Bagi mereka yang memperoleh bagian dari gunungan, dipercaya akan mendapat keberkahan. Paket wisata Jogja murah pada saat-saat seperti ini akan sangat dicari oleh para wisatawan.

Related posts: