Pada umumnya, ibadah sholat malam tahajud/  sholat qiyamul lail dilaksanakan setelah melakukan ibadah sholat isya’ sampai waktu terbitnya fajar. Sebenarnya waktu pelaksanaan ibadah doa sholat tahajud atau sholat qiyamul lail ini terbagi atas 3 waktu, antara lain yaitu:

Tiga Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

  1. Waktu yang pertama dalam melaksanakan ibadah sholat malam tahajud/ sholat qiyamul lail ini yaitu saat waktu sepertiga malam pertama. Kisaran waktu pelaksanaan sholat tahajud satu ini yaitu pada  waktu sekitar pukul 7 sampai pukul 10 malam.
  2. Sedangkan waktu pelaksanaan ibadah doa sholat tahajud atau sholat qiyamul lail yang lebih disarankan atau lebih utama yaitu ketika sepertiga malam kedua. Lebih tepatnya yaitu pada saat kisaran waktu pukul 10 malam sampai pukul 01.00 saat dini hari.
  3. Untuk waktu paling utama dalam melaksanakan ibadah sholat malam tahajud/ sholat qiyamul lail yaitu pada saat sepertiga malam ketiga atau sepertiga malam yang terakhir. Lebih tepatnya yaitu dengan melaksanakan ibadah sholat malam tahajud/  sholat qiyamul lail saat pukul 01.00 sampai waktu masuknya jam  shalat Shubuh.

Ada beberapa ulama yang menyatakan bahwa ibadah sholat sunnah malam dapat dikatakan sebagai sholat tahajjud jika ibadah sholat tersebut dilaksanakan setelah kita bangun tidur. Walaupun tidur kita hanya sebentar saja, tetapi jika setelah tidur melakukan sholat, maka dihitungnya bisa menjadi ibadah sholat malam tahajud/  sholat qiyamul lail.

Tetapi ada juga para ulama lainnya yang berpendapat bahwa hal tersebut agak berbeda dimana untuk melakukan ibadah sholat malam tahajud/  sholat qiyamul lail ini, lota  tidak harus mengawali dengan istirahat tidur lebih dahulu.

Jumlah Raka’at Sholat Tahajud

Setelah tahu waktu pelaksanaan sholat tahajud, Anda juga harus tahu jumlah Rakaat ibadah sholat malam tahajud/  sholat qiyamul lail ini. Sholat tahajjud pada umumnya mempunyai jumlah raka’at minimal atau paling sedikit 2 raka’at. Sementara untuk jumlah raka’at ibadah doa sholat tahajud paling banyak yaitu tidak terbatas. Anda bisa melaksanakan sholat tahajud ini sesuai dengan kemampuan Anda jika ingin sebanyak mungkin.

Related posts: