Mandi merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh. Selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, mandi juga merupakan salah satu cara yang digunakan untuk bersuci apabila pada tubuh terdapat hadast besar maupun kecil. Mandi dapat dibedakan menjadi mandi yang bersifat sunah maupun wajib. Pada saat Anda melakukan mandi wajib, hendaknya membaca niat mandi wajib. Hal tersebutlah yang membedakan mandi wajib dengan mandi biasa lainnya.

Kapan Melakukan Mandi Wajib?

Mungkin pertanyaan tersebut sering kali terlintas di benak Anda. Bagi sebagian orang yang mengetahui mungkin tidak menjadi masalah akan tetapi bagi Anda yang belum mengetahuinya tentu dapat menjadi ganjalan dalam benak Anda. Lantas kapan saja diwajibkan mandi wajib? Berikut adalah uraian mengenai kapan saja diharuskan melakukan mandi wajib :

  • Ketika selesai haid

Setelah selesai haid, seorang wanita diwajibkan mandi wajib. Apabila belum melakukan mandi wajib, maka perempuan tersebut tidak diwajibkan untuk shalat. Pastikan Anda membaca doa atau niat mandi wajib khusus untuk haid.

  • Setelah melakukan hubungan suami istri

Selanjutnya mandi wajib harus dilakukan setelah melakukan hubungan suami istri. Mandi wajib harus tetap dilakukan meskipun selama berhubungan tidak keluar air mani. Hal tersebut sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

  • Setelah nifas

Bagi perempuan yang selesai masa nifasnya juga harus melakukan mandi wajib. Sama halnya dengan haid, perempuan yang dalam masa nifas juga tidak boleh shalat baru setelah melakukan mandi wajib diperbolehkan untuk shalat.

  • Seorang yang baru saja masuk Islam

Seorang mualaf juga harus melakukan mandi wajib. Hal tersebut sesuai sunah yang diajarkan oleh Rasul.

  • Ketika seseorang meninggal dunia

Ketika seseorang meninggal dunia, maka harus dimandikan. Mandi yang dimaksud adalah mandi wajib yang bertujuan untuk menghilangkan hadast besar maupun kecil.

Demikianlah kappa saja kondisi yang mengharuskan Kita untuk melakukan mandi wajib. Sebelum melakukan mandi wajib, terlebih dahulu Anda harus membaca niat mandi wajib. Untuk informasi lengkap mengenai mandi wajib, Anda dapat mengaksesnya pada riuhimaji.com. Sesuaikan doa untuk niat mandi wajib dengan kondisi yang Anda alami. Semoga bermanfaat.

Related posts: