Siapa yang tak kenal dengan kota budaya, Yogyakarta yang setiap sudut kotanya masih sangat kental dengan budaya khasnya. Budaya masyarakat Jogja yang sangat ramah membuat para pendatang maupun wisatawan akan memiliki kesan tersendiri pada kota yang satu ini. Dengan memanfaatkan jasa rental motor, kita dapat berkeliling dan menikmati suasana kota Jogja yang sangat istimewa. Sebagai kota budaya, Jogja tentu memiliki banyak situs warisan budaya yang saat ini masih terpelihara dengan baik. Salah satunya adalah berbagai museum unik yang tersebar di kota Jogja.

Museum Budaya Di Jogja

Jogja memiliki banyak museum budaya yang memajang berbagai benda budaya ataupun koleksi-koleksi menarik lainnya. Kita dapat mengetahui berbagai budaya Jogja dengan melihat berbagai koleksi unik di museum-museum Jogja. Berwisata budaya dengan mengunjungi museum akan lebih menyenangkan jika dilakukan dengan mengendarai sepeda motor. Jogja menyediakan banyak rental motor yang akan siap melayani wisatawan. Beberapa museum budaya di Jogja akan dibahas pada ulasan di bawah.

  1. Museum Anak Kolong Tangga

Museum anak yang satu ini menyajikan berbagai jenis mainan anak tradisional yang berasal dari berbagai darah di Indonesia. Sebagian besar mainan anak merupakan buatan tangan dan sudah sangat jarang dimainkan oleh anak-anak Indonesia saat ini. beberapa mainan anak tradisional yang dipajang memiliki cerita ataupun mitos tersendiri mengingat usia mainan yang sudah sangat lama.

  1. Museum Benteng Vredeburg

Teretak di sekitar wilayah jalan Malioboro, museum Benteng Vredeburg sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan. Museum yang satu ini merupakan benteng kokoh yang menjadi pertahanan para pejuang dalam perjuangannya melawan penjajah. Benteng Vredeburg memiliki gaya arsitektur khas Belanda yang sangat unik. Di dalam museum Benteng Vredeburg juga memajang berbagai benda peninggalan para pahlawan seperti foto, seragam dan barang lainnya.

  1. Museum Batik Jogja

Menyimpan lebih dari 1.200 kain batik, Museum Batik Jogja merupakan museum batik pertama di Jogja. Selain itu, museum ini juga menyimpan banyak sekali alat-alat yang digunakan untuk membatik seperti kain, canting, malam, wajan dan koleksi batik cap dan batik tulis. Dengan memanfaatkan jasa rental motor, kita dapat mengunjungi museum yang terletak di Jl. Dr. Sutomo dengan mudah.

Related posts: