Apakah kamu tahu baja? Yups itu merupakan suatu material yang sangat keras bahkan tahan peluru, namun selain di gunakan dalam dunia militer ternyata baja juga digunakan untuk pembuatan bangunan loh. Jika kalian sering melihat gedung pencakar langit, gedung itu menggunakan konstruksi baja. Selain untuk bangunan, baja juga bisa digunakan untuk pembuatan jembatan, papan reklame, dan lain – lain. Baja saat ini jadi dijadikan bahan konstruksi karena memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan Dari Konstruksi Baja

Penggunaan kayu sebagai bahan konstruksi saat ini sudah mulai digantikan oleh baja karena dirasa memiliki keefektivitasan yang lebih baik daripada kayu. Selain itu penggunaan baja juga membawa banyak kelebihan yang membuatnya banyak digunakan. Seperti apa kelebihannya? Kalian bisa cek di bawah ini.

  1. Memiliki Berat Lebih Ringan

Jika kalian membandingkannya dengan kayu, ternyata baja memiliki berat lebih ringan daripada kayu sehingga membuat konstruksi baja menjadi lebih popular. Karena beratnya yang ringan tentu saja akan mengurangi resiko kerusakan karena beban. Namun meskipun beratnya lebih ringan daripada kayu, Anda jangan beranggapan bahwa baja tidak akan sekuat kayu. Jangan ukur kekuatan hanya dari beratnya saja. Karena baja sudah terbukti lebih kuat daripada kayu, selain itu baja juga lebih awet daripada kayu.

  1. Pembangunannya Lebih Cepat

Baja berbeda dengan kayu. Jika kayu harus memotong manual untuk mendapat bentuk yang diinginkan, berbeda lagi dengan baja yang mana sudah beredar dengan berbagai bentuk dan ukuran sehingga kamu tidak perlu membentuk lagi seperti kayu. Dan untuk pemasangannya bisa lebih cepat karena baja dalam penyambungannya lebih praktis daripada kayu, sehingga tidak heran bahwa pemasangan baja bisa lebih cepat daripada kayu.

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Apa yang kamu lakukan jika kayu bekas konstruksimu tidak terpakai? Pasti kamu buangkan? Hal ini sangat tidak efisien. Berbeda lagi dengan konstruksi baja, kalau baja jika sudah tidak terpakai bisa didaur ulang untuk membuat baja baru lagi. Sehingga hal ini membuatnya menjadi lebih ramah lingkungan daripada penggunaan kayu.

Related posts: